Terkadang Hatimu Perlu Sakit, Agar di Latih Menerima yang Terbaik

 Dalam menjalani kehidupan ini, cobaan datang silih berganti. Mulai dari cobaan yang baik berupa harta yang melimpah, anak yang sholeh sampai dengan cobaan yang buruk. Dan bahkan kadang hatimu perlu sakit mengahadapinya, itu semua supaya kamu terlatih menerima yang terbaik kelak.

Pamit
Terkadang apa yang sudah kita rencanakan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Tak sesuai harapan itu berarti Allah sedang mengajarkan kita arti Menerima.
Menerima adalah perkara terberat dari sebuah usaha, yah jika sesuatu itu tidak kita inginkan tapi ketahuilah itu hanya logika dan pemikiran kita saja. Allah tahu yang mana yang baik dan tidak baik untuk hamba-Nya karena Allah Maha Mengetahui Segala Sesuatu.

Bukankah Allah Sudah Jelas Berfirman Dalam Al Quran Bahwa yang Kamu Benci dan Membaut Hatimu Perlu Sakit Bisa Jadi Amat Baik.

Memang sungguh menyakitkan bila yang kita inginkan tak tercapai, bahkan meski sudah di iringi dengan usaha yang keras serta permohonan melalui doa-doa sepanjang malam dan sholatmu.
Allah Ta’ala berfirman: “Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”.
(QS. Al Baqarah: 216)

Kita Hanya Bisa Merencakan dan Berusaha, Tapi Keputusan Mutlak di Tangan Allah.

Memang kita hanya bisa menjalani kehidupan ini sesuai dengan yang ditakdirkan kepada kita. Bukankah sejak di lauhul mahfudz sudah dituliskan semua skenario yang akan kita jalani di muka bumi ini. Meski memang masih ada faktor lain yang mempengaruhinya di dunia ini.
Manusia hanya bisa merencanakan Allah lah yang menentukan, jangan pernah ragu dengan Allah. Bersabar dan Ikhlaskan lah semua itu maka kau akan bersyukur di kemudian hari atas hal itu.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Pandanglah orang yang berada di Bawahmu (dalam masalah HARTA dan DUNIA) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di Atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.”

(HR. Bukhari dan Muslim).

Percayalah, Semua yang Kamu Jalani Saat Ini Bisa Jadi Memang yang Terbaik Sekarang.

Bila hidup kamu saat ini masih pebuh dengan duka dan luka, percaya saja semua ini memang yang terbaik untukmu saat ini. Selalu ada kebaikan dalam sebuah cobaan, mungkin saja kita selama ini sudah terlalu jauh dari-Nya sehingga di coba dengan duka dan luka.
Dan bila hidup saat ini sungguh bahagia, jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada-Nya atas semua nikmat yang telah diberikan kepadamu. Apapun keadaan yang telah kamu jalani saat ini, jangan lupa untuk bersyukur, sabar dan ikhlas. Apapun yang membuat hatimu sakit anggap saja sebagai proses pendewasaan dalam hidup ini.

0 Comments

Posting Komentar